Manfaat Jagung Yang Telah Dimanfaatkan Sejak Ribuan Tahun Lalu

Jagung Merupakan salah satu jenis tanaman penting di dunia karena di beberapa wilayah jagung dijadikan sebagai makanan pokok selain padi dan gandum. Tanaman yang memiliki nama latin Zea mays ini memiliki kandungan karbohidrat yang tak kalah dengan beras maupun gandum dan mudah tumbuh di berbagai iklim dan cuaca. Itulah salah satu alasan mengapa jgaung ini dijadikan sebagai makanan pokok yang berperan sebagai sumber energi. Terdapat beberapa wilayah yang memanfaatkan jagung sebagai bahan makanan pokoknya yaitu seperti beberapa daerah di wilayah Amerika Tengah, & Amerika Selatan, sebagian besar wilayah di benua Afrika serta sebagian kecil di Indonesia.selain sebagai makanan pokok jagung biasanya juga digunakan sebagai pakan ternak serta bahan baku dalam berbagai industri seperti dalam bidang kosmetik, farmasi dan industri kimia.

Tanaman jagung ini dapat dibilang sebagai tanaman atau makanan pokok tertua yang sudah dibudidayakan oleh umat manusia sejak ribuan tahun yang lalu. Pasalnya banyak sekali penemuan akeologi yang mengungkapkan bahwa jagung ini telah ditanam oleh umat manusia sejak ribuan tahun lalu bahkan sebelum masehi. Bukti penemuan tertua yang diperoleh hingga saat ini yaitu penemuan tongkol jagung tertua yang ditemukan di Tehuecan, Puebla tepatnya di Meksiko yang menunjukkan bahwa tonkol tersebut sudah ada sejak 3450 SM.suku Maya dan Olmek ditengarai telah membudidayakan dan kemudian menyebarkan tanaman jagung inidi seluruh wilayah Amerika Tengah sejak 10.000 tahun lalu. Sementara di Indonesia sendiri tanaman jagung mulai berkembang pada abad 16 yang dibawa oleh bangsa Portugis.

Manfaat Jagung Dan Hasil Olahannya

Tanaman yang dapat dipanen sekitar 3 sampai 5 bulan sekali ini memiliki produk utama berupa biji atau bulir jagung yang didominasi oleh endosperma yang mengandung karbohidrat cukup tinggi hingga mampu menjadikan jagung sebagai bahan makanan pokok paling banyak dikonsumsi nomer 3 di dunia setelah gandum dan beras di posisi pertama. Selain itu jagung juga sering diolah menjadi pakan hewan ternak dan bahan baku dalam berbagai bidang seperti industri pangan, industri farmasi, industri kosmetik hingga industri kimia. Kemudian jagung yang masih muda layaknya sekitar usia 3 – 4 minggu setelah melalui masa penyerbukan juga dapat dipanen dan dimanfaatkan sebagai sayuran atau lauk makan.

Pemanfaatan jagung dalam usia muda tak sampai disitu bahkan jagung yang masih berwarna hijau sekalipun juga dapat dimanfaatkan terutama oleh para peternak sebagai pakan ternak hijauan karena selain mampu memberikan energi, jagung yang masih muda ini kaya akan kandungan protein sehingga bagus untuk hewan ternak seperti sapi, kambing dan kerbau.

Produk lain yang bisa diperoleh dari olahan biji jagung ialah tepung maizena yang diperoleh dengan cara mengolah biji jaung yang sudah tua dan kering dihaluskan hingga menjadi tepung jagung yang biasa kita kenal dengan nama tepung maizena. Di luar negri jagung diolah menjadi pecahan-pecahan besar yang biasa dijadikan sebagai bahan makanan untuk sarapan yang cukup populer di Amerika yang biasa disebut corn flakes. Sementara di Indonesiadiolah menjadi pecahan yang lebih halus dan biasa dimasak bersama dengan beras hingga jadilah nasi jagung yang sangat populer khususnya di pulau jawa. Selain itu biji jagung yang masih utuh dan telah dipisahkan dengan tongkolnya dapat diolah menjadi berbagai camilan seperti marning jagung, brondong jagung hingga pop corn.

Kandungan Dan Manfaat Jagung Dalam Bidang Kesehatan

Tanaman yang dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan ini memiliki beberapa khasiat dan manfaat yang berguna bagi tubuh. Hal tersebut dikarenakan nutrisi dan kandungan alami yang terdapat di dalam jagung sangatlah berguna bagi tubuh. Kandungan yang paling besar dalam jagung ialah kandungan karbohidratnya yang dapat mencapai angka 80%. Selain itu setiap 100 gram jagung juga mengandung beberapa jenis gizi lainnya yang berguna bagi tubuh seperti

  1. Kalori sekitar 355 kalori yang berguna sebaga penghasil energi
  2. Protein sekitar 9.2 gram yang berguna dalam proses perkembangan sel dan jaringan
  3. Lemak sekitar3.9 gram yang berguna sebagai cadangan energi di dalam tubuh
  4. Karbohidrat sekitar 73 gram yang berguna sebagai sumber energi utama bagi tubuh
  5. Kalsium sekitar 10 mg yang berguna untuk kesehatan tulang dan gigi
  6. Fosfor sekitar 256 mg yang berguna untuk mencegah berbagai jenis penyakit dalam
  7. Zat besi sekitar 2.4 mg yang berguna untuk meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah
  8. Vitamin A sekitar 510 SI yang berguna untuk menjaga kesehatan mata
  9. Vitamin B1 sekitar 0.3 mg yang berguna dalam metabolisme dalam tubuh
  10. Air sekitar 12 gram yang berguna untuk menggantikan cairan dalam tubuh yang hilang

Itulah beberapa nutrisi yang terkandung di dalam jagung beserta manfaatnya secara umum. Untuk lebih jelasnya berikut ini beberapa manfaat jagung bagi tubuh manusia

  • Jagung baik untuk sistem pencernaan

Manfaat jagung yang pertama ialah berguna untuk menjaga sistem pencernaan agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai masalah pencernaan serta membantu proses penyerapan makanan. Hal ini juga dibuktikan dengan beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa satu porsi jagung utuh dapat memenuhi kebutuhan serat sekitar 10% dari kebutuhan serat yang diperlukan tubuh setiap harinya.

  • Jagung baik untuk kardiovaskuler dan sistem sirkulasi darah

Kadar kolesterol jahat (LDL) yang terlalu tinggi dalam tubuh sangat berbahaya karena dapat memicu timbulnya penyakit berbahaya terutama bagi jantung, kadar kolesterol jahat ini dapat diatasi dengan zat antioksidan. Di dalam jagung ini terdapat zat antioksidan berupa bioflavonoid dan karotenoid yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat sekaligus mengontrol kadar kolesterol dalam darah agar tetap normal. Dengan begitu maka jantung akan berpacu menjadi lebih ringan karena aliran darah berjalan dengan normal tanpa adanya pembekuan atau sumbatan yang disebabkan kolsterol.

  • Jagung baik bagi penderita diabetes

Bagi anda penderita penyakit diabetes mendapatkan kabar baik karena salah satu makanan alternatif yang aman untuk seseorang yang mengidap penyakit diabetes ialah jagung. Hal ini karena di dalam jagung terdapat suatu senyawa yang disebut phytochemical fenolik yang berguna dalam pengolahan Non Insulin Dependent Diabetes Mellitus atau yang disingkat NIDDM. Zat phytochemical fenolik tersebut akan mengontrol dalam penyerapan serta pelepasan insulin di dalam tubuh. Selain itu jagung juga bisa dijadikan sebagai makanan yang dapat membantu dalam proses penyembuhan penyakit diabetes.

  • Jagung baik untuk ibu hamil

Salah satu nutrisi yang sangat diperlukan bagi ibu hamil ialah asam folat, kekurangan asam folat bagi wanita yang tengah hamil sangat berbahaya terutama pada sang janin karena dapat menyebabkan berbagai masalah seperti gangguan berat badan, bayi lahir premature atau bahkan terjadi kecacatan. Untuk mengurangi resiko tersebut jagung dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif makanan mengandung asam folat yang murah dan mudah didapatkan.

 

Sumber : sumbermanfaat.com

ADD YOUR COMMENT