Ciri-Ciri Bayi Yang Sudah Bisa Dikenalkan Dengan Mpasi 6 Bulan

Saat bayi memasuki umur 6 bulan, bunda perlu untuk bersiap-siap makanan pendamping ASI atau MPAsi 6 bulan kepada anak anda. Pada usia anak 6 bulan sistem pencernaan nya sudah siap menerima asupan lain selain susu, dan bila pemberian MPAsi sebelum usia 6 bulan maka sistem pencernaannya akan bekerja lebih berat untuk mengolah makanan selain susu.

Selain sejak usia bayi, bunda dapat mengenali tanda-tanda bayi sudah siap belum nya menerima MPAsi dengan mengetahui tanda-tanda berikut ini:

  1. Bayi sudah mampu duduk dengan tegak dan menegakkan kepalanya

Umumnya bayi yang berusia 4 hingga 5 bulan sudah mampu duduk tegak dan menegakkan kepalanya, karena lehernya sudah kuat menahan berat kepalanya. Hal ini penting untuk anda ketahui karena lehernya sudah lurus ketika ia menelan makanan, tidak ada belum dapat menegakkan kepalanya dengan baik maka pemberian MPAsi lebih baik ditunda dahulu.

  1. Anak anda sudah dapat duduk di kursi khusus untuk bayi.

Posisi tubuh sangat penting ketika bayi sedang makan, dan Anda harus membiasakan Makan sambil duduk dan berada di lingkungan meja makan. Inilah tahap awal untuk mendidik anak anda belajar makan bersama keluarga di meja makan, dan jangan biasakan menyuapi anak di baby walker atau tempat lainnya yang tidak memungkinkan bayi duduk dengan tegak.

  1. Bayi sudah mau merespon dengan membuka mulutnya apabila didekatkan dengan sendok

Cobalah dengan mendekatkan sendok ke mulutnya, apabila anak Anda merespon dengan membuka mulutnya itu menandakan bahwa dia sudah siap menerima MPASI. Bayi yang berusia 6 bulan biasanya akan bertingkah dengan mengikuti apa yang dilakukan orang tuanya, dan anda bisa memberikan contoh dengan makan menggunakan sendok di sebelahnya.

  1. Bayi tertarik dengan makanan yang kita makan

Ketika bayi anda berumur 6 bulan biasanya mereka akan memperhatikan apa yang kita makan, dan mereka akan berusaha untuk mencicipi apa yang kita makan.

Dengan mengetahui ciri-ciri diatas, tentu anda bisa menentukan apakah bayi anda sudah siap menerima atau belum dengan makanan tambahan asi. Semoga artikel diatas bermanfaat.

ADD YOUR COMMENT