Cara Sederhana Service Mesin Cuci Sanken yang Bocor atau Mampet

Service mesin cuci Sanken sebaiknya dilakukan secara berkala, sebagai bentuk perawatan rutin. Sayangnya, hal tersebut hanya dilakukan oleh segelintir pemiliknya. Alasannya pun beragam, tapi pada umumnya mereka merasa hal tersebut tidak perlu dilakukan.

Padahal menurut kami dari jasa service kulkas jakarta, perawatan rutin tersebut sebenarnya sangat dibutuhkan untuk mencegah kerusakan muncul di masa mendatang. Minimal, perawatan tersebut bisa membersihkan bagian dalam mesin cuci yang tidak terlihat dari luar.

Bocor atau mampetnya saluran pembuangan merupakan satu contoh akibat mesin cuci yang tidak dirawat dengan rutin. Hal ini terjadi karena ketika proses mencuci dilakukan pasti ada kotoran atau mungkin benda tertentu yang terlepas dari pakaian. Kotoran atau benda tersebut nantinya akan ikut melewati saluran pembuangan bersama air. Sayangya, benda – benda asing tersebut tidak selalu lolos dari pipa pembuangan sehingga menimbulkan kebocoran atau mampet.

Cara Service Mesin Cuci Sanken yang Bocor atau Mampet

Langkah – langkah berikut ini bisa Anda terapkan pada mesin cuci dua tabung. Sebelum memulai, pastikan arus listrik sudah terputus dari mesin cuci agar proses perbaikan berlangsung aman.

  1. Siapkan peralatan yang diperlukan

Peralatan yang dibutuhkan untuk melakukan perbaikan ini sangat mudah dan sederhana. Peralatan tersebut diantaranya obeng yang sesuai dengan baut pada mesin cuci, sikat gigi bekas, dan wadah. Wadah ini nantinya digunakan untuk menyimpan baut yang Anda lepaskan dari mesin cuci.

  1. Pastikan katup pembuangan air tertutup

Langkah ini bisa Anda lakukan dengan cara memutar tombol Cycle Selector ke arah Heavy atau Soft. Opsi Heavy dan Soft ini akan membuat katup pembuangan tertutup. Tujuan menutup katup tersebut adalah untuk mengendurkan tali yang terhubung pada pengait klep. Hal ini tentunya akan mempermudah proses service mesin cuci Sanken.

  1. Buka penutup mesin

Penutup mesin yang dibuka adalah penutup mesin yang berada dibagian belakang. Penutup ini dibuka dengan cara melepaskan baut yang melekat dengan bantuan obeng. Simpan baut – batu tersebut pada wadah agar tidak hilang. Begitu juga dengan penutup mesinnya, simpan di tempat yang aman agar tidak rusak.

  1. Bersihkan klep pembuangan atau vevle

Caranya buka tutup klep dengan cara diputar berlawanan dengan arah jarum jam. Pastikan yang berputar hanya tutup klepnya, agar tidak merusak karet klep di dalamnya. Setelah itu bersihkan pipa dari kotoran – kotoran yang menyumbat. Kemudian bersihkan pula karet pada klep menggunakan sikat gigi. Lakukan dengan hati – hati agar tidak merusak karet.

  1. Bersihkan klep pembuangan atau velve melalui tabung cuci

Hal ini dilakukan dengan cara memasukkan air ke dalam tabung cuci sebanyak – banyaknya hingga semua kotoran keluar melalui pipa. Proses memasukkan air ini bisa dilakukan dengan bantuan gayung. Kemudian bersihkan kembali pipa pembuangan menggunakan sikat gigi hingga bersih. Setelah itu, Anda bisa menutup kembali klep pembuangan seperti semula. Terakhir, Anda bisa memasangkan kembali penutup mesin ke bagian belakang mesin cuci.

Bagaimana ? cukup mudah untuk ditiru bukan cara service mesin cuci Sanken di atas ? Meskipun demikian, kasus di atas bukan satu – satunya penyebab mesin cuci menjadi bocor atau mampet. Bocor atau mampetnya mesin cuci juga bisa disebabkan oleh kendurnya per pada velve, putusnya tali yang terhubung dengan pengait klep, atau pengait yang sudah berkarat. Oleh karena itu, jangan lupa untuk memperhatikan bagian – bagian tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *